Media Ummat Online

Media Ummat Online
"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung". [Al-Imron:104]

Kamis, 25 Juni 2015

Catatan Diri: TAPAK RELAWAN JOKOWI 2012-2015

Catatan diri, 
TAPAK RELAWAN JOKOWI 2012-2015
..
Media Ummat & Koran Jokowi : Selama ini perjuangan kami  (MEDIA UMMAT)  senantiasa mengkritisi pemerintahan ORBA, hingga  pemerintahan SBY selama 10 tahun melalui ‘Gerakan – Pena’ (jurnalism). Dan seakan ada ‘maha-magnit’ saat  muncul sosok Ir.H.Joko Widodo yang ‘terbawa’ arus Bengawan Solo menuju Ciliwung yang membelah Kota Jakarta. Sebagaimana Legenda Joko Tingkir yang berhasil mengalahkan lebih dari 80 buaya siluman untuk menguasai Kerajaan. wkkk.....
Maka sejak saat itu pula kami  turut mengusung beliau menuju kursi  Gubernur DKI Jakarta  thn.2013-2017 tanpa perduli siapa yang akan menjadi Wakil Gubernurnya. Karena kami yakin si tukang meubel kurus planga-plongo inilah yang kelak akan menjadi PRESIDEN RI KE-7, dan kami juga tak perduli siapa nanti yang akan menjadi Wapresnya. Karena itu bukan tugas kami selaku Relawan.

Kalau pun cukup babak belur, kami menikmatinya sebagai ke-ikhlasan apalagi banyak media nasional yang pro incumbent saat itu. Namun kami bangga sebagai salah-satu media ‘kampung’ yang bertempur di Kota Metropolitan. Target kami sederhana saja, menyebarkan gratis  informasi melalui jaringan-jaringan yang ada , khususnya dikalangan Pasar tradisionil, terminal, stasiun, buruh, ibu rumah-tangga  dsb  semua ibarat menari dengan indah.

Untuk menajamkannya Gerakan itu, sejak tgl. 27 Mei 2013 saya bersama teman-teman di MEDIA UMMAT membuat grup sosmed FB “KOTAK KOTAK INDONESIA” (https://www.facebook.com/groups/412375908869391/members/ ) yang dalam hitungan hari kemudian anggotanya mencapai  > 1.100 orang. Disitu pulalah kami banyak berkenalan dengan relawan senior Jawa Barat: Effendi Samman, Fidel D.Giawa, Endang Sumarli, Zey M.Zainudin, dsb. Juga dari luar pulau Jawa hingga LN; Yannes YF, Bunda Ryana-NTT, Frankie Salim, Arie Asyura, dsb.

Persahabatan dan jalinan gerakan pun tercipta, kalau pun beberapa aksi kami tidak sempat ikut turun bersama teman-teman di Jakarta karena masalah transportasi & akomodasi namun  disosmed kami tidak terlewat sedetik pun, apalagi setelah  intelejen-kami mengatakan akan muncul ‘1 juta akun abal-abal  yg siap benamkan Jokowi’. Mereka benar-benar siap melakukan Pembunuhan karakter (Character Assasisnation) kepada Jokowi dengan segala cara. Benar-benar sistematis apa yang mereka lakukan, cukup membuat kami kerepotan kalau pun kemudian Jokowi-Ahok pun menang suara di 2 putaran > 52%  dan menjabat sebagai Gubernur/Wagub DKI Jakarta 2013-2017.’Alhamdulilah, puji Tuhan, Tunai sudah perjuangan dan mimpi kami ditahap awal ini. Kami pun kembali ke desa.
.
Namun saat muncul ‘gerakan akan ada impeachment kepada Gub.Jokowi dalam hal KJS-Kartu  Jakarta Sehat, kami pun kembali ‘turun gunung ke Jakarta. Konsolidasi dan petakan gerakan. Kalau pun tidak berjumlah ribuan relawan, kami harus ‘kuasai’ Gedung DPRD DKI Jakarta pada Kamis, 31 Mei 2013. “GRUDUK & KEPUNG KEBUN SIRIH” demikian bahasa sosmed saat itu demikian gencar. Pukul 09.00 kami sudah berkumpul tepat di gerbang, terbukti demikian solidaritas yang tinggi dari relawan, kalau pun KJS adalah masalah warga Jakarta namun kami relawan Jawa barat, Banten, dsb  tetap ‘berdiri didepan ‘ bersama relawan Jakarta (Yanes FS, Bravo, Sehaa sehoo, Sihol M, Acil, Virgiawan, Joko Lae, dsb).  


Aksi awal adalah menyapu halaman jalan Kebun Sirih ,tepatnya halaman gerbang DPRD DKI Jakarta. Kami sebut sebagai ritual’TOLAK BALA’, membersihkan dari jiwa-jiwa korup agar para dewan lebih serius dan amanah mengurus warga Jakarta. Aksi ke-2 adalah ‘penyegelan’’ gerbang, disini mulai terjadi ketegangan. Pihak keamanan tidak menyetujui jika ke-2 gerbang disegel. Akhirnya mereka mengijinkan satu gerbang yang disegel.

Setelah gerbang pintu dapat dikuasai maka kami pun memaksa untuk melakukan ‘sweeping menemui pimpinan/anggota dewan saat itu. Sayang yang ada saat itu hanya Wakil Ketua DPRD Jakarta, H.Abaraham Lunggana,SH (H.Lulung) -F-PPP.

Setelah berbagi peran dengan teman relawan Jakarta, kami yang dari Jawa Barat lah yang masuk ke ruang H.Lulung (Saya, Effendi Saman, Fidel Dapati G, Advokat Endang, M.Zainudin, dsb), wakil relawan Jakarta adalah ;Yanes, Acil, Sihol, Sehaa dsb). “Saya mendukung Jokowi-Ahok, Jadi tidak benar ada rencana impeach. Namun tidak menyalahkan teman lain yang tidak seirama dengan saya “, jawab H.Lulung saat itu tepat pkl.14.32
.
“Relawan yang datang hari ini jumlahnya belumlah seberapa, kami mayoritas dari Jawa Barat. Sedangkan KJS adalah hak warga Jakarta, sebagai warga Jawa Barat kami tidak punya kepentingan apapun soal ini. Namun disaat kalian mengganggu  kerja Jokowi-Ahok, maka akan  menjadi urusan Relawan Jokowi dimana pun berada “, itu yang saya katakan saat mendapatkan waktu bicara.

Pukul 15.38 kami telah keluar ruangan sekaligus menyerahkan lembar  petisi “Suara Rakyat Dukung Jokowi” yang ditanda-tangani oleh Effendi Saman & Fidel DG – Atasnama Relawan Jokowi Presiden RI. Tgl.31 Mei 2013.
.
Pukul.15.44  demo telah usai, seharusnya saya kembali ke Bandung karena sedang persiapan cetak Media Ummat. Namun karena merasa tidak nyaman dengan yang lain, akhirnya ikut ‘lanjut ke Kafe Venus , TIM, Cikini, Jakarta . Sambil menunggu kopi datang, dari ngalor-ngidul, saya dan Bravo Revolvere mengusulkan dilakukannya KONGRES RELAWAN JOKOWI. Dan kemudian saya menambahkan kata SE-DUNIA.  Dengan harapan lebih ‘Mendunia.  Saya memberikan konsep penggunaan tele-conference dengan para relawan yang ada diseluruh dunia. Maka disepakatilah kegiatan KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA. Hal mana ini saya lakukan/adopsi saat  menyelenggarkan Pameran IGGI di Yogjakarta  thn.2003 lalu. Saat pemilihan tempat, saya dan teman-teman Jawa Barat mengusulkan juga di Gedung Indonesia Menggugat , Jl.Proklamasi, Bandung dengan harapan lebih memiliki spirit & value. Sebagai pelaksana Kongres maka ditetapkan Relawan Jawa Barat sebagai ‘tuan rumah (Effendi Saman, Saya, Fidel DG & Advokat Endang) . Semua sepakat. Kami pun bubar jalan.

Bagi saya pribadi penamaan SEDUNIA dan Tempat kongres di Bandung adalah karya dan buah pikir yang diberikan Allah SWT, Tuhan YME kepada saya.  Yang kemudian menyebar dalam kehidupan relawan. Ini yang banyak dilupakan teman, wkkk.. ;p

Hari Selasa, Tgl. 10 Juni 2013 para relawan melakukan Jumpa Pers KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA di Chamoe—Chamoe,SCBD, Kuningan, Jakarta Pusat. Hadir lebih dari 40 orang +  insan pers. Termasuk diantaranya MEDIA UMMAT. Intinya, direncanakan akan hadir 500 perwakilan relawan. Penyelenggaraan hari Sabtu,15 Juni 2013 di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung. Dan sejak itu pula gerakan semakin masif untuk menuju hari H, demikian kami yang menjadi Tuan Rumah. Basecamp mengabil di LBH Nusantara, Jl.Maleer,Bandung. Disanalah semua digodok !

KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA 2013
Jumat malam, pkl.18.00 tgl.14 Juni 2013 lokasi dan semua venue kongres ‘clear, maklum kalau urusan Event Organizer kamilah orangnya; akomodasi/penginapan, ijin keramaian, publikasi,
perlengkapan, hingga menghubungi para pedagang kaki-lima pun telah selesai. Semua crew MEDIA UMMAT  (MU) pun ‘turun gunung

Sabtu,15 Juni 2013, sejak pkl.07.30 crew  MU telah standby dilokasi untuk mempersiapkan receptionist – desk yaitu; Ani, Netty, Mia, Erna dan Rossa. Mereka bertanggung-jawab atas dokumen absensi. Sebagai Kordinator saya minta Ibu Ekowatie. Kepada Ibu Eko pula saya titipkan agar semua dokumen di meja receptionist ini menjadi tanggung-jawabnya samapai 'kiamat'. Dan ybs menyanggupinya. Untuk aplikasi teleconference sudah jauh hari pula saya minta Erwin N.Sitompul yang menangani ini.

Kemudian acara pun mengalir sesuai rencana, Kongres dihadiri > 311 orang utusan yang terdiri dari 19 propinsi. Jokowi Lovers dari 7 negara, berdialog dengan peserta Kongres.  Agenda kongres: Pembukaan, pertunjukan musik anak jalanan, pemandangan umum (termasuk Iwan J Piliang, tokoh media sosial yang membongkar skandal Nazarudin dan Partai Demokrat). Dilanjutkan sidang komisi (terdiri dari 3 komisi: Politik, Program dan Organisasi), sidang paripurna membahas hasil komisi, kesimpulan, penetapan manifesto politik.
..
A.Hasil Komisi Politik  (Yanes YF, Bayutami, dsb);
Meminta kepada Megawati Soekarnoputri dan PDIP mencalonkan Jokowi menjadi Presiden RI 2014, dan diumumkan sebelum Pileg 2014.
.

.
B.Hasil Komisi Program (Advokat Endang, Ani Gartin, dsb):
Menggalang dukungan konkret semua kabupaten/kota seluruh Indonesia dan WNI di luar negeri dengan tanda tangan pendukung Jokowi Presiden.
..
C.Hasil Komisi Organisasi (Utje, Bravo, dsb):
Membentuk organisasi bernama Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (disingkat Bara JP 2014). Membentuk formatur untuk menyusun kepengurusan mulai dari pusat, propinsi dan kabupaten/kota, yang tugasnya melaksanakan keputusan Komisi Program.
..
Tim Formatur yang dibentuk para penggagas adalah:
.
1.Sihol Manullang
2.Effendi Saman
3.Fidel Giawa
4.Roy Marten
5.Syafti Hidayat (Bravo Revolvere)
6.Utje Gustaaf Patty
7.Ferdi Semaun
8.CPS Silaban
9.Yanes Yosua Frans
10.Arief Priatna Suwendi  (Papa rief)
11.Ali Supraeni
..
Apapun dengan kesederhanaannya, Kongres telah berjalan dan relawan pun kembali ke komunitasnya, termasuk kami ,Media Ummat . Secara unformal grup KOTAK-KOTAK saya ‘bubarkan juga. Apalagi setelah Jokowi-Ahok menang dalam 2 putaran Pilgub Jakarta , yaitu :  Putaran-I (42,6%) dan Putaran-II (53,8%). Hingga Jokowi-Ahok pun dilantik Tgl.15 Oktober 2012. Apakah kemudian relawan Jawa Barat  pamrih kepada Jokowi-Ahok setelahnya?,  Tidak. Kalau pun ada pasti mereka bukan dari Media Ummat. Seorang sahabat di Cibadak, Sukabumi, Bandung  jauh hari telah mengatakan; “Tugas kita hanyalah mengantar, silahkan semua orang bermain kemudian, hingga Allah SWT menetapkan lain”, ‘berasa bener..
..
Kegiatan lain yang kami ikuti pasca Kongres adalah;
1. Acara teaterikal penculikan 'Megawati & Jokowi di Tugu Proklamasi (16/8/13)  agar kami mendapat kepastian jika PDI-P akan mencapreskan Jokowi..
..
2. Acara pendesakan agar  PDI-P saat Rakornas di Ancol,Jakarta  ;6-8 Sept 2013  segera mencapreskan Jokowi sbg Capres RI 2014-2019.
..
Adapun kegiatan Media Ummat sebelumnya (non-kongres) :
1.Media Ummat menemui KPK  (13 Maret 2012)  mendesak KPK  memeriksa dugaan korupsi Foke  dlm pembelian 110 unit Damkar senilai Rp 23 miliar +  menyerahkan tali tambang  untuk diteruskan kpd Anas Urbaningrum yg menolak dugaan koruspi hambalang > Rp 2,5 triliun.

2.Media Ummat menemui  Dubes Palestina (11 April 2013) untuk diskusi tentang harmonisasi agama diantara konflik politik SARA.

3.Media Ummat menemui mantan Meneginvestasi/Menhut/Menparpostel, DR.Marzuki Usman,SE,MBA  (12/10/12 & 8/6/13) berdiskusi ttg Reklamasi  Jakarta Utara, sertfikasi sektor non-formal, pemberdayaan sektor tambang, potensi buruh lintas sektor, pemberdayaan Indonesia Timur, dsb. Sekaligus kesetujuan beliau menjadi Senior Mentor/Penasehat Media Ummat
..
JOKOWI PRESIDEN RI 2014-2019
Perjuangan tahap awal relawan pun terjawab sudah, saat  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengeluarkan surat perintah harian yang isinya mendukung Ir. H. Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon Presiden RI 2014-2019; Jumat (14 Mei 2014) siang. Tanah Indonesia seakan bergetar menerima kabar itu, termasuk para relawan. Saat itu kebetulan saya sedang diperjalanan, mendengar berita ini dari radio nasional, saya pun menghentikan kendaraan untuk berdoa sbg tanda-terima kasih bahwa apa yg telah kami perjuangkan ini di-ijabah Allah SWT, Tuhan YME.'Allahu Akbar..!!
.
Atas pengumuman ini. Barisan  Relawan semakin rapat, semua elemen relawan mengambil porsinya masing-masing berdasarkan komunitas, profesi dan wilayah politik. PDI-P pun mampu mencapai suara 19,2% (>35 juta) di Pileg 2014, tgl.9 April. Khusus di Jakarta mencapai 28,4% dari 7,2 juta suara. Ini satu tanda bahwa Jokowi sudah waktunya ‘memimpin Indonesia, bukan Jakarta. Maka aneh jika kemudian banyak warga jakarta yang ‘keberatan Jokowi nyapres.’OraPopo !;p

FORUM RELAWAN JOKOWI (FOR WE)
Jumat, 25 April 2014 lalu 13 grup besar relawan Jokowi bergabung dan melebur menjadi FORUM RELAWAN JOKOWI (FOR WE). Seiring dgn terpilihnya Drs.H.M.Jusuf Kalla sbg wapres RI, maka pada Sabtu, 31 Mei 2014 FOR WE diganti menjadi FOR JJ – FORUM RELAWAN JOKOWI – JUSUF KALLA. Ketum,DR.M.Pakpahan, saya sebagai Sekjend menggantikan Yanes YF kemudian. Ini juga salah satu bukti bahwa kami demikian taat kepada Jokowi, sehingga rela merubah nama grup menjadi FOR-JJ. Padahal kami tidak suka figur JK sejak thn.2004 lalu, khususnya saya pribadi. Ini yang banyak dilupakan teman relawan, apalagi relawan yang baru 'manggung ...;p
..
Berikut beberapa catatan kegiatn FOR WE/FOR JJ yang masih saya ingat;


Minggu, Tgl.7 Mei 2014  saat di FOR WE  adalah dimana saya, James Talakua & Cliff Metekohi  ‘melahirkan’ konsep FORKAMI – Forum Komunitas Maritim Indonesia. Kalau pun saya bukan  berlatar-belakang kemaritiman, namun saya mendukung mereka untuk membentuk wadah ini agar 'berbeda dari grup relawan yg ada. Sejak mulai penyusunan AD/ART, kepengurusan dsb saya cukup aktif terlibat. Bahkan diminta menjadi Sekjend, namun saya menolak , karena saya bukan ahlinya. Dan saya bangga kini FORKAMI telah berbadan hukum.GBU! 

Minggu, Tgl.11 Mei 2014, FOR WE turun kejalan di CFD, Bunderan HI, Jakarta. Dengan memperkenalkan  simbol "J" (Jokowi). Dengan Korlap James Talakua yang juga diwawancarai oleh Pers (Tribun, dsb) bersama saya selaku Sekjend FOR WE

Tgl.24 Mei 2015, pkl. 15.00 saya menggagas untuk mendaftarkan nama FOR WE ke TKRN-Tim Koordinasi Relawan Nasional , menteng, Jakpus - sekaligus mengantar proposal kepada Jokowi ttg keberadaan FOR WE dan rencana DONOR DARAH RELAWAN. Juga saya meminta bantuan logistik relawan kepada mereka. Saat itu saya ditemani Bambang Win, istri saya dan putri saya, Grace Dea. Kalau pun hari keluarga saya sempatkan untuk hal ini.

Tgl. 5 Juni 2014 Rabu pagi, 05.30 Drs.HM.Jusuf Kalla menerima FOR WE dirumahnya, dan menyetujui terbentuknya FOR JJ. Saya dengan berbagai alasan tidak ikut. Itu pun salah satu bentuk ketidak-sukaan saya kepada JK. Ehehehh..
..
Tanggal 11-15 Juni 2014 , FOR WE/FOR-JJ melaksanakan Rakernas di Gedung Biru,SBSI, Jakarta. Dan saat saya menjadi pembicara di hari ke-2 (Sabtu,14/6/2014) yang dihadiri hampir 30 perwakilan provinsi, seorang peserta dari Aceh bertanya  kepada saya ttg berapa jumlah relawan  Jokowi sesungguhnya?,  “Asumsi saya pribadi lebih dari 40 juta orang sedunia, merekalah yg memenangkan Pileg 9  April (19,2%) ditambah kaum Golput  (>25 juta) dan pemilih pemula (swing-votter) yg diperkirakan > 15 juta. Dan akan mencapai angka 50-70 juta ditambah lagi kehadiran PDI-P, Nasdem, Hanura, dan PKPI.Maka target kita untuk mengusung Jokowi sebagai Presiden adalah 70-80 juta “, demikian jawab saya
..
Saya tambahkan lagi. Selain itu, yang terutama adalah ijin Allah SWT, Tuhan YME. Kita telah belajar saat Pilgub DKI Jakarta, disaat semua orang tidak yakin namun akhirnya Jokowi pun duduk sebagai Gubernur.
..
Tanggal 18 Juni 2014, FOR WE menemui Jend.TNI.Purn. Wiranto dimarkasnya sebagai ucapan terimakasih karena mendukung Jokowi sebagai Capres RI. Saya hadir bahkan sempat bicara banyak hal diruang khusus beliau, yang mana salah satu poin pembicaraan itu adalah meminta Wiranto agar 'blak-blakan ttg dalang Tragedi Mei 1998. Beliau menyanggupi, maka sejak saat itu pulalah Wiranto mulai 'galak dan terbuka bicara kalau pun tidak menyebut nama-nama Jenderal yg diduga ''bermain dikerusuhan Mei 1998 tsb. 

Tanggal.24 Juni 2014, FOR WE hadir di Peresmian Posko Tim Koordinasi  Relawan, tapi saya 'tidak-hadir' karena ada gossip JK pun akan datang . Du'ilahhh..;p

Sejak FOR WE/FOR JJ dibubarkan, Tgl. 9 Juli 2014.  Sesuai kesepakatan awal bahwa grup ini bubar setelah hasil suara akhir Pilpres 2014 dirilis KPU. Jadi semua yang kami lakukan murni sebagai kerelawanan, kalau pun kemudian ada yang main 'sendiri-sendiri' itu urusan dia dan Tuhan. Saya dan teman-teman   MEDIA UMMAT dan KORAN JOKOWI  (MU & KJ)  pun kembali ke gunung. Menjadi anak - anak desa yang manis. Semua perlengkapan dan aksesoris Relawan pun saya simpan kembali baik-baik. Kembali menanam bersama warga desa. Blusukan ,menebar kebajikan mencari amal ibadah. ;p

REUNI AKBAR RELAWAN JOKOWI SEDUNIA 2014
Hampir satu-tahun lamanya Relawan Kongres sibuk dalam agendanya masing-masing. Maka saya berinisiatif untuk mengadakan Reuni. Setelah melakukan sinerjitas dengan relawan di Jawa Barat (Fidel Dapati G, Advokat Endang dan teman-teman Media Ummat lainnya). Maka hal ini saya sampaikan kepada teman-teman di Jakarta (Yanes YF, Sehaa Sehoo, Erwin NS, Bravo , bang Marvin, Silaban, Acil P, dsb). Beberapa kali diskusi dilakukan di Seven-7 Otista, Jaktim. Hingga akhirnya di DD,Sarinah, Jakarta. Secara aklamasi saya meminta agar Bayutami  (Sekber Jokowi) yang menjadi Ketua dan disepakati semua teman. Dan bergulirlah publikasinya melalui sosmed.

Berikut susunan panitianya
     a. Penasehat                       : Yannes Yoshua (WLJ), CPS.Silaban (Bara Indonesia), Bang Marvin, 
                                                  Advokat Endang Soemarli (Jokowi.code), Acil Partawijaya
     b. Ketua                             ;  Bayutammy (Sekber Jokowi) 
         Wakil-1                          ; Sehaa Sehoo (WLJ)  
         Wakil-2                          : Arief P.Suwendi*
    c. Sekretaris                        : Erwin N.Sitompul (Bara Indonesia)
    d. MC + Jumpa Pers           ; Fidel D.Giawa SH (Barisan Siluman)
    e. Kosumsi                          ; Ani Gartini*, Mia Indrajaya*
    f. Receptionist                     ; Netty Chandradiana*, Rossa MG*,  Erna R*, Rinni BP*
    g. Dokumentasi                   ; Ricko As Preet
    h. Humas & Keamanan       ; Dewa  (GNR), M.Zainudin (Jokowi.code) Yudi Krisna*, 
                                                  Denny Q,* Usep *
        Catatan : Tanda * adalah Tim Media  Ummat

Alhamdulilah hari Minggu, tgl.10 Agustus 2014 terselenggaralah Reuni tersebut di GGM, Bandung. REUNI RELAWAN JOKOWI SEDUNIA, dengan tema; “Gerakan Generasi Inspirasi Hebat”. Dari daftar hadir tercatat lebih dari 49 Grup Relawan yang hadir (>170 peserta) ,al; JPK, Media Ummat, WLJ (Wira Lentera Jiwa/We Love Jokowi), Sekber Jokowi, Relawan Gotong Royong, Bara Indonesia, Mapalus Voor Jokowi, Barisan Siluman Jawa Barat, KARIB, Sasando Jokowi Relawan NTT, BIRA, Projo, Wira Lentera Jiwa, JPRI 2014,  FORKAMI – Forum Komunikasi Maritim Indonesia, Jokowi Presiden RI 2014, GPR JPRI 2014, GNR - Gerakan Nasional Rakyat, GARINDO, Revolvere Indonesia, Komkastra,APIM, GMBI, REMAJA, Forum Alumni Perguruan Tinggi,  Relawan Jokowi untuk Indonesia, Komunitas 2 jt Relawan, Pejuang Harmony, Pagar Nusantara, KORIH, Dua Warna, Jokowi_code, Bara Hejo, Biro Inteligen Rakyat, GRAJI-Gerakan relawan Jokowi, JAGUAR, LP41, REMIS, Barisan Bung Karno, Barisan Siluman Nasional, BRAVO 05, Aliansi Rakyat Merdeka, Presiden Law Firm, Horas Jokowi, JUARA Jokowi, Cinta damai, POKARBA-Paguyuban Korban Orde Baru, SBSI, Gerakan nelayan tani...dll , juga para relawan perorangan/non-grup/non partai

Kami juga melakukan Jumpa Pers  yang intinya; (1). Ucapan terimakasih kepada Ibu Hj.Megawati karena telah menetapkan Jokowi sebagai Pres RI 2014-2019, sehingga perlu disebut sebagai IBU BANGSA  (2). Proses pemilu sudah usai, Relawan akan terus bekerja dan mengawal program program pemerintah sesuai dengan visi dan misi Jokowi-JK (Nawacita)

Setelah itu,para relawan pun kembali ke komunitas dan rutinitas masing-masing grupnya.Kami, MEDIA UMMAT terus aktif berbagi informasi melalui media cetak,sosmed dan menanam pohon. Hingga lahir pula KORAN JOKOWI, KORAN MARITIM, KORAN WATER MANAGEMENT, KORAN REFORMASI & KORAN PRABOWO.

Namun, setelah berproses lama hidup di desa , rayuan Ketum FORKAMI; James Talakua lah yang menarik kami (Media Ummat & Koran Jokowi) untuk turun gunung lagi  bersama KONSORSIUM RELAWAN INDONESIA. Semua dilakukan James secara baik sejak awal tahun 2015 hingga formalnya terjadi Minggu, 24 Mei 2015 di Demang Resto, Jakarta. Dimana MU & KJ ikut menandatangani MOU. Kalau pun juga tidak semudah memberikan kepercayaan kepada teman MU & KJ lainnya yang sudah ‘males menjadi relawan.
        Jika KRI serius maka MU & KJ akan 1.000 x lebih serius. Kalau hanya mau selfie-selfie-an saja, kami akan mundur teratur itu pinta kami kepada James sejak jauh hari. Dia menjabat tangan saya, “Demi Tuhan kita akan lakukan lagi yang terbaik “, katanya saat bertemu di SPBU Jatibening (4 Januari 2015)
“Demi Tuhan  James, kita akan lakukan lagi yg terbaik !!” , jawab saya
"TIDAK ADA DUSTA DIANTARA KITA ", wkkkk......ada manis-manisnya gitu ;p 

KONSORSIUM RELAWAN INDONESIA
Hingga blog ini saya buat tercatat > 40 grup besar Relawan yang tergabung dalam KRI, al;

1. FORKAMI-Forum Komunikasi Maritim Indonesia, James Talakua Mareny
2. KORNI-Komite Relawan Nasional Indonesia, M Basri BK
3. JPKP-Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan, Maret Sueken
4. S2 ALUNSRAT-Alumnis S2 Universitas Sam Ratulangi, Ventje J Parera
5. GARMEN-Gerakan Kebangsaan Revolusi Mental, Sutanto
6. BRM-Bara Revolusi Mental, Gideon Wijaya Ketaren
7. IRM-Institute Revolusi Mental, Irfan Rizal
8. GNRM-Gerakan Nasional Revolusi Mental, Mulyadi
9. KPA2B-Komite Peduli Aspirasi Arus Bawah, Yan Andrew Rohitu
10. AGPB -Aliansi Generasi Penerus Bangsa, Achmadh
11. MEF-Multi Etnis Fundation, Deden
12. IPARI-Institusi Pilar Agribisnis Relawan Indonesia, Tan Kian Dho
13. BPJ-Barisan Parlemen Jalanan, Suroto
14. KUR-Kelompok Usaha Relawan, Suroto
15. PERMINDO-Perwakilan Revolusi Mental Indonesia, Erwin K Bach
16. MEDIA UMMAT, Arief P.Suwendi (Papa Rief)
17. JPRI-Jaringan Partisipasi Rakyat Indonesia, Peranti Tones
18. KARIB-Komunitas Rakyat Indonesia Baru, Jeff Sondakh
19. JEMARI Indonesia, Sabar Mangadu
20. KORAN JOKOWI, Netty Chandradiana
21. WLJ-Wira Lentera Jiwa, Yanes Y Frans
22. PCBN-Perkumpulan Cinta Budaya Nusantara, Benny Irawan
23. KBR-Koran Buruh, Tanri Ginting
24. KNRI-Komite Nasional Relawan Indonesia, Eliaz Warre
25. KPB-Komite Politik Buruh, P Charly Samosir
26. FBI-Fesbukers Indonesia, Rosa Roosmawaty cq. Titien herlina
27. PRKTI-Perhimpunan Relawan Kawasan Timur Indonesia, Joppie Lasut


ORGANISASI YANG BELUM TANDATANGAN MOU TAPI SUDAH MENDEKLARASIKAN DIRI BERGABUNG DI KRI:

28. PNTI-Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia, Randi
29. GP_ALA-Gerakan Pemuda Aceh Leuser Nusantara, Sara Urang
30. L9-Relawan L9, Abadi N Sinilingga
31. DADAWALI, Hana Nining
32. GMI-Garuda Muda Indonesia, Oktavian
33. Forwas-P3H-forum pengawasan Pelayanan Publik dan Penegakan Hukum, Ulmatuah Saragih
34. POKJA PAPUA –
35. GARINDO – Gerakan Anak Bangsa Republik Indonesia
36. SPM PTPN II – Serikat Pekerja Merdeka PTPN II
37. RGSJ –Relawan Guru Sahabat Jokowi
38. YBMN – Yayasan Bina Mitra Nusantara
39. KOMALA – Komunitas Maritim Lampung
40. BARA JP 2014 NIAS 
.
Kita pungut yg tercecer, 
kita jemput yang tertinggal, 
kita sapa yang terlupa, 
kita bawa yang setia....” .  
JANGAN RUSAK HUBUNGAN
KARENA KHIANAT & UANG, KAWAN.
KOMITMEN ITU HARGA DIRI
Sekali salah, selesai semua !!
Dan saya mencatat semua ini
dengan baik. Tanpa perlu lagi
Berbasa-basi yang basi ;p
We Love you @ALL.......
..

















































1 komentar:

  1. sayang sekali sudara sudara blog ini kena hack , saya tdk bisa membuka lagi akun ini, Semangat ! Arief P. Suwendi silahkan buka link baru kami KoranJokowi.com

    BalasHapus