Media Ummat Online

Media Ummat Online
"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung". [Al-Imron:104]

Minggu, 14 Desember 2014

GERAKAN MENABUNG 100 JUTA POHON DALAM PERSPEKTIF ISLAM

HMU.Suwendi, FSAI, FLMI,MBA*
GERAKAN MENABUNG 100 JUTA POHON DALAM PERSPEKTIF ISLAM
.
Media Ummat; Bismillahirahmanirahim, Assalamualaikum wrwb. Sebagian orang menyangka bahwa program penghijauan (Go Green) bukanlah suatu amalan yang mendapatkan pahala di sisi Allah, sehingga ada di antara mereka yang bermalas-malasan dalam mendukung program tersebut. Para pembaca Media Ummat (MU)  dalam satu hadits disebutkan, “Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya.” [HR. Muslim dalam Kitab Al-Washiyyah (4199)]
.
Perhatikan, satu di antara perkara yang tak akan terputus amalannya bagi seorang manusia, walaupun ia telah meninggal dunia adalah SEDEKAH JARIYAH, sedekah yang terus mengalir pahalanya bagi seseorang. Para ahli ilmu menyatakan bahwa sedekah jariyah memiliki banyak macam dan jalannya, seperti membuat sumur umum, membangun masjid, membuat jalan atau jembatan, menanam tumbuhan baik berupa pohon, biji-bijian atau tanaman pangan, dan lainnya.
.
Jadi, menghijaukan lingkungan dengan tanaman yang kita tanam merupakan sedekah dan amal jariyah bagi kita –walau telah meninggal- selama tanaman itu tumbuh atau berketurunan. Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda, “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya.” [HR. Al-Bukhoriy dalam Kitab AL-Muzaro'ah (2320), dan Muslim dalam Kitab Al-Musaqoh (3950)]. Jelaslah bagi siapapun , khususnya muslim yang menanam tanaman tak akan pernah rugi di sisi Allah -Azza wa Jalla-, sebab tanaman tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh manusia dan hewan, bahkan bumi yang kita tempati. Tanaman yang pernah kita tanam lalu diambil oleh siapa saja, baik dengan jalan yang halal, maupun jalan haram, maka kita sebagai penanam tetap mendapatkan pahala, sebab tanaman yang diambil tersebut berubah menjadi sedekah bagi kita.
.
Disatu sisi dengan kita menanam/menabung pohon, kita memberikan penguatan kepada tanah sekitar dengan akar-akar yang kuat kemudian menyerap air. Dimana berguna untuk menahan longsor, memberikan oksigen yang sehat untuk semua makhluk dibumi juga menyerap racun yang berada dalam pencemaran udara/polusi. Satu pohon yang kau tanam/tabung, maka multi-effek positip yang akan kau berikan untuk banyak orang.

Selamat datang GERAKAN MENABUNG 100 JUTA POHON, semoga dipermudah dan diperlancar, Aamiin Yarabil’alamin (*pengamat masalah aktual berdomisili di Kab.bandung Barat.
..
*Atasnama Media Ummat,
Koran Jokowi, Koran Maritim,
Koran Reformasi,
Koran Water Management
dan Koran Environment ; 
Mengucapkan turut bela-sungkawa dan prihatin
yang sedalam-dalamnya
atas musibah Longsor 
Di Banjarnegara, Jawa Tengah
Semoga Allah SWT, Tuhan YME
memberikan kekuatan, kepada
keluarga yang ditinggalkan.
Dan semoga Allah memberikan
tempat yang paling mulia
kepada mereka yang wafat,
Aamiin Ya Allahu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar