Media Ummat Online

Media Ummat Online
"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung". [Al-Imron:104]

Rabu, 17 Desember 2014

" ANAK DESA MERSAM YANG SUKSES SEBAGAI 3 MENTERI "

Bersama ustad Solmed , Istri (Hj.Fatimah-kanan) dan keluarga

Tokoh Jambi lain, yang kami sebut sebagai 'PEJUANG JAMBI EMAS 2010-2019', adalah Mister MOE. Beliau tak malu menjadi anak desa Mersam,Jambi.Buktinya segudang prestasi & jabatan telah beliau lalui dengan baik, termasuk jabatan 3 menteri.Kami berharap akan banyak generasi Jambi yang dapat mengikuti mereka. Insya Allah.
..

Dr. Ir. H. Marzuki Usman, M.A.  kelahiran Mersam, Batanghari, Jambi, 30 September 1946 ini adalah seorang ekonom dan pakar pasar modal. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Kabinet Reformasi Pembangunan) serta Menteri Kehutanan dan Perkebunan (Kabinet Persatuan Nasional).

Ia , yang akrab kami panggil dengan “Mister MOE” ini merupakan anak keempat dari sembilan bersaudara, pasangan H. Usman Abul asal Minangkabau dan Cholijah (Melayu). Marzuki memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Atas bantuan J.B. Sumarlin dan Ali Wardhana, ia bisa mendapatkan beasiswa dari Ford Foundation untuk kuliah di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, hingga memperoleh gelar Master of Arts.

Sebelum diangkat sebagai menteri, ia pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Pengelola Pasar Modal (Bapepam), Departemen Keuangan. Di sini ia berhasil mengubah kesan masyarakat Indonesia akan pentingnya berinvestasi. Selanjutnya oleh Pemerintah ia diangkat sebagai Komisaris Utama Bursa Efek Jakarta. Strategi pemasaran yang ia tekankan kepada Direksi BEJ ternyata sangat efektif membuat kinerja BEJ meningkat drastis. Pada masanya inilah BEJ pernah mengalami booming investasi yang luar biasa, hingga membuat ribuan calon investor rela mengantri demi mengejar pembelian saham di pasar modal.

Di organisasi, salah satunya aktif dan tercatat sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI)

Karya
Tiga Menakbir Mimpi, 1998

Karier
-Kepala Badan Pengelola Pasar Modal/Bapepam, Departemen Keuangan, 1988-1992
-Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan/BPPK, Departemen Keuangan, 1991-1995
-Kepala Badan Analisis Keuangan dan Moneter, Departemen Keuangan, 1996
-Komisaris Utama PT Bursa Efek/BEJ, Jakarta
-Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya, 1998-1999
-Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal/BKPM, 1999
-Deputy Chairman PT Lippo E-Net, Tbk
-Menteri Kehutanan RI, 2001
Bersama PU Media Ummat, Arief P.Suwendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar