Media Ummat Online

Media Ummat Online
"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung". [Al-Imron:104]

Kamis, 18 Desember 2014

“ ANAK JAMBI YANG NGARTIS “



Media Ummat : Wanita perkasa ini memang unik, kalau pun dia dilahirkan di Kualatungkal, Jambi. Namun masa ke-emasan karirnya sebagai artis nasional terbukti sukses dalam perannya sebagai Tjoet Nja' Dhien, pahlawan perempuan dari Aceh.
Dialah, Herlina Christine Natalia Hakim, alias Christine Hakim kelahiran Kualatungkal, Jambi, 25 Desember 1956 lalu. Meski dilahirkan di Jambi, namun orang tuanya merupakan campuran Minangkabau, Aceh, Banten, Jawa, dan Lebanon
.
Sepanjang kariernya sebagai artis film Indonesia, Christine Hakim dikenal sebagai artis yang memiliki akting sangat bagus. Sehingga telah banyak mendapatkan pujian dan meraih penghargaan piala Citra selama beberapa kali. Karena itulah dia juga kerap dikatakan hanya bermain di film-film yang berkualitas bagus di bawah arahan sutradara-sutradara yang handal.
.
Khusus film Tjoet Nja’dhien, sejarah telah mencatat kesuksesannya. Film drama epos biografi sejarah Indonesia tahun 1988  ini disutradarai oleh Eros Djarot dan memenangkan Piala Citra sebagai film terbaik dalam Festival Film Indonesia 1988. Film ini selain dibintangi Christine Hakim sebagai Tjoet Nja' Dhien,  juga Piet Burnama sebagai Panglima Laot, Slamet Rahardjo (kakak Eros Djarot) sebagai Teuku Umar, dan juga didukung Rudy Wowor.
.
Film ini sempat diajukan Indonesia kepada Academy Awards ke-62 tahun 1990 untuk penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik, tetapi tidak lolos dalam pencalonan nominasi. [1] Walaupun begitu, film ini menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes (tahun 1989).
.


ApapunChristine Hakim telah memberikan warna lain sebagai Anak Jambi yang sukses diperantauan dalam profesinya sebagai Artis Nasional yang hingga kini sulit diduakan dengan yang lainnya. Berbahagialah bumi Jambi ! (Tim MU/Foto.Repro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar